Home » » Ternyata, Sayuran Hijau Bisa Bahayakan Tubuh

Ternyata, Sayuran Hijau Bisa Bahayakan Tubuh

Written By Unknown on Rabu, 21 November 2012 | 01.21

detail beritaMengonsumsi sayuran dan buah sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita. Namun pada beberapa kondisi, konsumsi sayuran dan buah harus lebih diperhatikan.

Salah satu kondisi yang harus berhati-hati dalam konsumsi sayur dan buah adalah penyakit ginjal kronik (PGK). Hal tersebut diungkapkan dr. Djoko Wibisono, Sp.PD-KGH, Ketua Komite Riset RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad pada sebuah seminar bertema Komplikasi Hipotensi pada Saat Hemodialisis.

“Secara umum, semua orang harus mengonsumsi sayur dan buah karena nutrisinya yang tinggi. Namun, untuk penderita PGK harus lebih berhati-hati, khususnya untuk sayuran hijau," ujar dr. Djoko saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (21/11/2012).

Sayuran hijau memang dikenal tinggi kalium dan penderita ginjal kronik sudah kehilangan fungsinya untuk mengatur kalium dalam tubuh, sehingga kalium menumpuk dan akan makin menumpuk jika penderita mengonsumsi sayuran tersebut.

"Pasien harus memastikan kadar kalium dalam tubuhnya. Jika tinggi, maka harus menghindari sayuran hijau, tomat, atau alpukat. Namun jika kaliumnya rendah, boleh mengonsumsi sayuran tersebut dengan porsi tertentu," ungkap dr. Djoko.
Share this article :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sampai Puas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger